Semarang- Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Dian Nuswantoro (UDINUS) sukses menggelar kampanye bertajuk “Digital Smart” di SMK Islamic Center Baiturrahman
Semarang baru-baru ini. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan literasi digital di kalangan pelajar. Selain itu, mereka juga mengajak menjadi generasi muda yang bijak dalam memanfaatkan teknologi digital.
Melalui kampanye yang melibatkan 124 siswa kelas 10 dan kelas 11 tersebut, tim yang mengklaim sebagai tim Gemilang tersebut hadir dengan tagline “Cakap Digital, Bijak Bermedia”. Kampanye ini merupakan bagian dari upaya mahasiswa UDINUS untuk menciptakan ruang digital yang lebih positif dan produktif di kalangan generasi muda.
Ketua panitia pelaksana, Hilda Karnisya, menekankan bahwa kampanye ini bertujuan memberikan panduan praktis kepada pelajar untuk berselancar aman dan produktif di dunia maya.
“Tujuan utama kami adalah membantu generasi muda tyang dalam hal ini adalah pelajar
menengah atas untuk memahami cara memanfaatkan media digital secara positif,
menciptakan personal branding yang baik dan meminimalkan risiko yang ada di dunia
maya,” jelas Hilda.
Salah satu narasumber, Clarissa Shafaa Irmadel memaparkan materi seputar Literasi
Digital, tujuan dan manfaatnya, hingga tips aman menggunakan internet. Ia juga
menggarisbawahi pentingnya membangun personal branding yang positif di media sosial.
“Di era digital ini personal branding tentunya adalah aset penting. Apa yang kita unggah di
media sosial mencerminkan diri kita dan dapat hal ini nantinya dapat membuka peluang
karier kita di masa depan,” ujar Clarissa.
Dukungan dari Berbagai Pihak
Kampanye ini juga mendapat apresiasi dari berbagai pihak, termasuk dosen pembimbing Tim
Gemilang, Siswo Pranoto, S.Sn., M.M., yang turut hadir dan memberikan dukungan moral.
Selain itu, ada Eka Listyawati, S.Pd., Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan SMK Islamic
Center Baiturrahman, menyambut baik kegiatan ini.
“Kami sangat mengapresiasi edukasi penting yang diberikan mahasiswa Udinus kepada siswa
kami. Literasi digital adalah hal yang sangat dibutuhkan saat ini dan kami berharap anak-anak
bisa menerapkan apa yang mereka nanti mereka pelajari” ungkap Eka.
Selanjutnya, sebagai bagian dari acara, siswa-siswi diberi tugas untuk membuat konten
kreatif berdasarkan materi yang telah dipelajari. Konten ini diharapkan mampu menarik
perhatian publik sekaligus menjadi aplikasi nyata dari wawasan yang diberikan dalam
kampanye.
“Kami ingin siswa tidak hanya memahami materi, tetapi juga mempraktikkan literasi digital
melalui cara-cara yang kreatif dan menarik,” tambah Hilda.
Kampanye Digital Smart menjadi langkah nyata dalam membangun generasi yang cerdas dan
bijak dalam menggunakan media digital. Dengan semangat “Cakap Digital, Bijak
Bermedia”, Tim Gemilang berharap bisa terus menginspirasi generasi muda untuk
memanfaatkan teknologi sebagai alat yang mendukung masa depan mereka.(bin/red)